Jumat, 29 Oktober 2010

Sejarah SMA Negeri 1 Bontang


SMA Negeri 1 Bontang didirikan oleh pemerintah daerah setempat Bontang pada tanggal 10 Nopember 1984 dengan lokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 59 Kelurahan Bontang Baru Kecamatan Bontang Utara.  Lokasi SMA Negeri 1 Bontang memang cukup strategis. Bertempat di jalan utama menuju Bontang Kuala yang merupakan pusat wisata Bahari di Kota Bontang sehingga memudahkan sarana transportasi bagi siapa saja yang ingin mengunjungi SMA N 1 Bontang. SMA Negeri 1 Bontang ditunjuk oleh Dirjen Dikmenum sebagai Sekolah Piloting untuk pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) bersama 40 sekolah diseluruh indonesia, dan sekarang ditunjuk lagi sebagai sekolah rintisan Sekolah Berstandar Internasional (SBI) bersama 5 Sekolah di Kalimantan Timur. Ini merupakan suatu prestasi besar sekaligus amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya guna mewujudkan visi dan misi SMA Negeri 1 Bontang serta tujuan Pemerintah Kota Bontang yaitu Bontang Cerdas 2010 serta tujuan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa .
Jabatan Kepala Sekolah SMAN 1 diduduki pertama kali oleh Bapak Abdul Muis setelah 5 tahun menjabat kemudian digantikan oleh (Alm)Bapak Muhammad Nasir . setelah itu digantian oleh Bapak Anwar Sanusi. Selama masa jabatan,beliau pernah menerapkan  prinsip di SMAN 1 Bontang yaitu The winner of year. Maksud dari prinsip tersebut ialah beliau ingin SMAN1 selalu meraih kemenangan dalam setiap perlombaan.setelah masa jabatan beliau habis,jabatan tersebut digantikan oleh (Alm)Ibu Kristanti. Namun jabatan tersebut tidak berlangsung lama dikarenakan (Alm)Ibu Kristanti telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.  Sebelum menjadi Kepala Sekolah SMAN1,(Alm)Ibu Kristanti pernah menjadi guru matematika di SMAN1 Bontang. Di mata murid-muridnya Beliau dipandang sebagai guru yang pandai dan ahli dalam mengajar matematika. Ketika (Alm)Ibu Kristanti dipanggil oleh Yang Maha Kuasa,jabatan Kepala Sekolah SMAN1 digantikan oleh Ibu Titi Wurdiyanti.
Sejak SMA Negeri 1 Bontang berdiri SMAN 1 banyak  digemari oleh siswa-siswi dari luar kota Bontang yang umumnya berasal dari kabupaten-kabupaten dalam wilayah Kalimantan Timur sendiri seperti Kutai Kertnegara, Kutai Timur, Balikpapan, Samarinda bahkan ada pula yang berasal dari Pulau Jawa.
Dalam perkembangannya, SMAN 1 tleah banyak mencatat sejarah prestasi baik akademik maupun non akademik. Prestasi ini diraih oleh siswa SMAN1  sendiri. Banyaknya prestasi yang diraih menunjukkan bahwa dari dulu SMAN1 tlah mampu bersaing dengan sekolah lain di bontang baik swasta maupun negeri.Contohnya Pada ujian akhir nasional (UAN) tahap II tahun 2005 hingga tahun 2009, SMA Negeri 1 Bontang termasuk salah satu dari dua sekolah di kota bontang yang tidak menyertakan siswanya untuk ikut serta karena lulus 100 persen.
Dalam hal pengajaran,SMAN1 tidak hanya mengajarkan pengetahuan akademik saja kepada siswanya tatapi juga meembantu siswanya dalammenggali dan mengembangkan bakatnya contohnya dalam pelajaran di bidang seni dan ekskul. Dalam hal ini siswa dituntut untuk Aktif, produktif, inovativ, energiik,dan kreatif.

copyright © http://www.sman1-btg.sch.id

1 komentar: